About Les Privat Cermat

         Les Privat Cermat - Hallow adik-adik, bagaimana kabarnya hari ini? Mudah-mudahan baik-baik saja. Bagaimanakah persiapan adik-adik untuk menghadapi tes SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)? Sebenarnya soal-soal SBMPTN itu bisa dilatih sehingga kita bisa dengan mudah mengerjakannya. Hanya saja jika kita belajar secara mandiri akan mengalami sedikit kesulitan terutama ketika kita menjumpai soal-soal SBMPTN yang tingkatannya sulit. Selain harus menguasai konsep dasar pelajarannya, maka kita juga harus banyak berlatih yang tujuannya agar logika kita terbentuk dengan baik untuk tipe-tipe soal SBMPTN atau jenis-jenis soal seleksi masuk PTN lainnya.

         Untuk membantu adik-adik sukses dalam berlatih mengerjakan soal-soal SBMPTN dan persiapan materinya, maka kami mendirikan les privat yang kami namakan "Les Privat Cermat" yang khusus mendalami materi MATEMATIKA saja. Kenapa kami memilih pelajaran matematika saja? Karena soal-soal matematika selalu dikeluarkan dalam soal-soal SBMPTN yaitu di TKPA dan TKD SAINTEK. Dalam TKPA ada matematika TPA (hitungan dasar) dan matematika dasar (15 soal), dalam TKD SAINTEK ada matematika IPA (15 soal). Artinya jika kita bisa mengerjakan banyak soal-soal matematikanya, maka akan memperbesar peluang kita untuk lulus SBMPTN dan diterima di PTN idaman kita.

Berikut tentang "Les Privat Cermat" :


Nama : Les Privat Cermat (Cermat = Cerdas Materi)
Jenis : Les Privat Berkelompok
Lokasi/Daerah : Kota Denpasar
Alamat : Jalan Gunung Agung, Gang Yamuna IVA nomor 1, Kota Denpasar
Motto : "SIP = Simple is Perfect" (Kesederhanaan bagian Kesempurnaan)
Metode Belajar : Soal MPME (Materi, Pendalaman, Maraton, dan Evaluasi)
Tingkat : SMP, SMA, dan ALUMNI
Program : Persiapan UN SMP, Persiapan SBMPTN bagi SMA dan ALUMNI
Fasilitas : Modul pembelajaran
Lama KBM : 1,5 - 2 jam setiap pertemuan
Total Pertemuan : Menyesuaikan
Per kelompok belajar : 6 anak.
Tempat belajar : Jalan Gunung Agung, Gang Yamuna IVA nomor 1, Kota Denpasar

Metode Belajar "Les Privat Cermat"

       Kita menggunakan metode SOAL MPME yaitu SOAL Materi, SOAL Pendalaman, SOAL Maraton, dan SOAL Evaluasi. Berikut penjelasan masing-masing :
(i). SOAL Materi : belajar materi dilengkapi dengan pembahasan soal untuk lebih memahami materi tersebut

(ii). SOAL Pendalaman : Setelah menguasai konsep dasarnya dengan baik, maka akan kita tambahkan pembahasan berbagai variasi soal sehingga kemampuan dan logika mengerjakan soalnya menjadi lebih baik.

(iii). SOAL Maraton : Setelah mempelajari satu pokok materi (misalkan bab Persamaan Kuadrat), kemudian tidak kita ulang-ulang lagi materi tersebut, maka biasanya kita akan mudah untuk melupakan materi tersebut. Nah untuk menyiasatinya, maka kami berikan SOAL Maraton setiap minggunya yang berkaitan dengan materi (bab-bab) yang sudah dipelajari sebelumnya, sehingga setiap minggu-minggu berikutnya kita akan masih tetap berhubungan dengan materi yang sudah kita pelajari sebelumnya dan tetap bisa mengingatnya.

(iv). SOAL Evaluasi : Untuk mengetahui sejauh mana siswa telah memahami materi yang sudah diajarkan, maka perlu adanya alat ukur yaitu dengan kita berikan SOAL-SOAL untuk dikerjakan layaknya seperti ujian SBMPTN sebenarnya secara berkala yaitu setiap setelah melakukan pembahasan 4 bab. Soal Evaluasi juga bisa diberikan berupa soal tantangan di akhir kegiatan belajar setiap pertemuan.

Pengajar "Les Privat Cermat"

       Perkenalkan nama saya Putu Darmayasa. Saya lulusan Universitas Brawijaya (UB) tahun 2011 jurusan matematika murni. Meskipun saya bukan ahli matematika, namun saya adalah salah satu penggemar dan penyuka pelajaran matematika (^_^). Kegiatan saya sehari-harinya mengajar pelajaran matematika tingkat SMP dan SMA. Saya adalah kontributor utama (founder) website Konsep-matematika.com (berisikan penjelasan materi) dan blog dunia-informa.blogspot.co.id (berisikan pembahasan soal-soal seleksi PTN dari tahun 2000 sampai tahun terbaru). Dengan pengalaman saya tersebut, saya ingin berbagi dan membantu adik-adik untuk SUKSES menghadapi SBMPTN.

Motto : SIP = Simple is Perfect

       Segala sesuatu pasti dimulai dari hal yang paling sederhana, dari kesederhanaan itulah yang semakin lama akan menjadi sesuatu yang lebih kompleks. Artinya dari latar belakang apapun kita yang ingin sukses di SBMPTN, kita mulai dari kemampuan sederhana yang akan terus kita asah dengan tekun berlatih dan penuh kesabaran, yakinlah kemampuan untuk mahir mengerjakan soal-soal SBMPTN pasti akan kita raih, tidak perduli darimanapun sumber belajar kita. Itulah yang kita sebut sebagai "Kesederhanaan bagian kesempurnaan". Jika kita tidak bisa mengikuti les baik les privat atau bukan les privat (karena keterbatasan yang ada), itu bukan halangan untuk meraih sukses di SBMPTN dan meraih PTN IDAMAN kita masing-masing. Manfaatkan segala kemampuan dan kelebihan kita untuk mencapainya. Percayalah setiap manusia mempunyai kekurangan masing-masing, namun akan lebih baik jika kita mampu memaksimalkan kelebihan yang ada.

       Salam dari kami "Les Privat Cermat" untuk semua adik-adik yang mempersiapkan SBMPTN dan UN (bagi tingkat SMP). Semoga bisa sukses, tentu kesuksesan harus diraih dengan penuh kerja keras karena sukses itu tidak akan datang dengan sendirinya.

Ruang Belajar





Didukung oleh :

1. Konsep-matematika.com
2. dunia-informa.blogspot.co.id